Arti Musik Dalam Capoeira


Berimbau adalah sebuah instumen musik yang menyerupai busur dan memiliki sehelai senar serta gendering kecil sebagai resonatornya. Nada dihasilkan dari kombinasi batu atau koin yang digunakan untuk mengubah pitch serta sebuah tongkat untuk memukul senarnya. Walaupun ini adalah (mungkin) salah satu instrument musik tertua di dunia dan tampak sederhana, pemula pasti akan kesulitan menggunakanya. Tapi di tangan seorang master, melodi yang dihasilkan akan terdengar sangat fenomenal. Berimbau adalah instrument utama dalam Capoeira. Iramanya mendikte jalannya permainan capoeira di dalam roda.

Berimbau memiliki kemampuan untuk menciptakan permainan yang tenang dan indah, ataupun yang cepat dan agresif. Alat musik ini juga sebagai tanda bagi partisipan untuk mengetahui kapan harus masuk dan keluar dari roda. Berdasarkan sejarah, para budak menggunakan berimbau sebagai penyamaran. Saat diawasi tuan mereka, irama yang dimainkan pelan dan mereka menari dengan lembut. Namun saat tuannya tidak ada, mereka memainkan irama yang berbeda, gerakannya pun jadi berbeda. Dengan irama tersebut mereka berlatih dan meningkatkan keahlian capoeira mereka untuk berjuang menggapai kebebasan.

Tanpa musik, bagaimana jadinya capoeira sekarang? Akankah ada gerakan-gerakan yang berirama dan akrobatik? Transfer energi tidak akan terjadi tanpa alunan musik dan nyanyian para capoerista. Itu adalah musik yang menciptakan kendali pada kendaraan yang kita sebut capoeira ini. Tanpa musik, capoeira tidak akan ada.

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Random Posts

Posting Terbaru