http://lh6.ggpht.com/_cM0ddMwIGMM/S3t0IhRAAKI/AAAAAAAAAJ8/N-3icCY9yIg/Beer-Cap-Facebook-icon.pnghttp://1.bp.blogspot.com/_LZtXSNcp76A/TGuwOutjeqI/AAAAAAAABRE/ADjzzFB9nI8/s1600/twitter_64.png

Alat Musik Capoeira

Pada Sebuah Pertunjukan Capoeira yang sering kita lihat biasanya diiringi dengan suara beberapa alat musik dengan nada dan lagu khas capoeira.Sebenarnya musik tersebut mengatur ritme, gaya dan energi saat bermain.Pada Capoeira Angola Instrument musik tersebut terdiri dari:

Satu Berimbau Gunga
Satu Berimbau Berra-boi
satu Berimbau viola
Satu atau dua pandeiros
Satu Atabaquê
Satu Agogô
Satu reco-reco
Sedangkan pada Capoeira Regional terdiri dari
Satu Berimbau
Dua Pandeiros

Penggunaan Instrument musik ini juga dipengaruhi oleh philosophi yang dijalankan masing-masing grupo atau club capoeira yang bersangkutan. Dan umumnya dimainkan pada sesi sparring ( roda “baca hoda”)
Berimbau

Merupakan Single String Percussion Instrument, berbentuk busur dan terbuat dari kayu biriba dan kawat dengan cabaça (labu ) kering yang telah dikeluarkan bagian dalamnya sebagai resonator, biasanya bunyinya "tung tung tung"

Pandeiro
Mungkin kita lebih mengenalnya sebagai tamborin, namun ada dua hal penting yang membedakannya dengan tamborin seperti biasanya, yaitu pertama tarikan (tension ) pada kepala pandeiro bisa di setting nada rendah atau nada tinggi. Dan kedua untuk kerincingnya lebih kering dan kurang kencang dibanding tamborin biasa.Terdiri dari lingkaran yang terbuat dari kayu yang di cover dengan cymbal yang kecil, dan tengahnya terbuat dari kulit binatang.

Atabaquê
Alat Drum yang dimainkan dengan tangan ( gendang ), biasanya tinggi terbuat dari kayu dan pada bagian yang dipukul terbuat dari kulit anak sapi. bagian bawahnya terbuka sehingga bisa beresonansi

Agogô
Percussion Instrument ini terdiri dari iron bells yang akan beresonansi ketika dipukul dengan pemukul yang terbuat dari besi.

Reco Reco
Percussion Instrument ini terbuat dari bambu atau kayu dicover oleh bubungan transversal sehingga menimbulkan bunyi seperti garutan / goresan.

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Random Posts

Posting Terbaru